BERITA Terbaru dari dunia sepak bola - hasil pertandingan Liga-liga Top Dunia, yang tersaji setiap harinya, dan selalu saja menarik untuk di Baca ......Tim Penyaji : Agung-Andy-Mughnii

Jumat, 13 Agustus 2010

uji Coba Three Lion



[ Jum'at, 13 Agustus 2010 ]

Three Lions Pukul Hungaria 2-1

LONDON - Inggris belum habis. Setidaknya, itulah yang ingin ditunjukkan Steven Gerrard dkk dalam uji coba melawan Hungaria di Stadion Wembley, London, kemarin dini hari WIB (12/8). Tampil di hadapan sekitar 70 ribu penonton yang menghabiskan sepanjang babak pertama untuk mengejek tim kesayangannya sendiri, Three Lions -julukan timnas Inggris- memukul tamunya 2-1.

Ejekan dan cemoohan dari tribun menjadi-jadi ketika bek tengah Inggris Phil Jagielka membuat gol bunuh diri pada menit ke-62. Bermaksud mencegat bola dari Zoltan Gera, defender yang baru punya tiga caps bersama Inggris itu malah mengarahkan bola ke gawang sendiri yang dijaga Joe Hart.

Namun, Gerrard menebus kesalahan tersebut. Hanya berselang tujuh menit, kapten Three Lions itu menyamakan kedudukan lewat tendangan dari jarak 22 meter. Empat menit kemudian, Gerrard menaklukkan tiga defender Hungaria sebelum akhirnya mengecoh kiper Gabor Kiray. Ini kemenangan pertama Inggris setelah terhenti di babak 16 besar Piala Dunia 2010.

"Belakangan, tim menerima banyak kritik dan hujatan. Sebagian benar, tapi banyak juga yang salah. Terutama, yang menyebut bahwa kami tidak peduli dan tidak punya komitmen kepada timnas," ujar Gerrard sebagaimana dilansir Associated Press.

"Dari gol pertama saya, saya menunjukkan kepada publik betapa besar arti kemenagan ini buat saya dan pemain lain," lanjut dia.

"Setelah kekecewaan di Piala Dunia, pemain menderita tekanan besar untuk memenangi laga ini. Mereka benar-benar mencurahkan semuanya untuk menang dan berhasil. Mestinya, tidak ada lagi yang perlu dikritik dari kami," ujar kapten Liverpool tersebut.

Di luar penampilan menawan Gerrard, Inggris tidak benar-benar menampilkan sesuatu yang baru. Dalam starting line-up, hanya ada empat nama yang tidak masuk skuad Piala Dunia. Yakni, Jagielka, Adam Johnson, Theo Walcott, kiper Joe Hart.

Meski tidak sampai separo, kehadiran wajah baru itu mengembalikan energi dan motivasi yang hilang selama Piala Dunia. Mereka juga memungkinkan Capello meninggalkan formasi 4-4-2 dan memakai skema 4-5-1 yang dalam praktiknya bisa berubah menjadi 4-2-3-1 sesuai situasi. Wayne Rooney menjadi penyerang tunggal. Dia didukung Johnson, Walcott, dan Gerrrad.

Formasi itu cukup efektif. Terbukti, baru tiga menit laga berjalan, Rooney berhasil menjebol gawang Hungaria. Tapi, gol itu dianulir karena Rooney berada dalam posisi offside kala menerima bola Gerrard. Di babak kedua, Capello menambah penggawa belia seperti Kieran Gibbs dan Jack Wilshere.

"Saya gembira dengan performa anak-anak, terutama dalam 30 menit pertama. Namun, mendekati akhir babak pertama, Hungaria mulai menemukan bentuk terbaik. Kami sulit menemukan jalan," ulas Capello sebagaimana dikutip Sky Sports.

"Di babak kedua, saya melihat penampilan yang sangat berbeda dari pemain-pemain muda saya. Sangat memuaskan. Menurut saya, Inggris telah menemukan pemain masa depan," tambah pelatih asal Italia tersebut.

Capello secara khusus memberikan pujian kepada Wilshere. Gelandang Arsenal berusia 18 tahun itu nekat turun demi mencatat debut meski paginya baru keluar dari rumah sakit. Dia dirawat karena mengalami infeksi perut.

"Wilshere hanya main sebentar karena pukul lima pagi baru diizinkan keluar dari rumah sakit. Karena itu, saya hanya memasangnya selama sepuluh menit. Meski begitu, dia tampil penuh percaya diri," puji Capello. (na/c8/ca)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar