BERITA Terbaru dari dunia sepak bola - hasil pertandingan Liga-liga Top Dunia, yang tersaji setiap harinya, dan selalu saja menarik untuk di Baca ......Tim Penyaji : Agung-Andy-Mughnii

Senin, 09 November 2009

Liga Spanyol

Barcelona dan Real Sama-Sama Petik Angka Maksimal
BARCELONA - Persaingan antara Barcelona dan Real Madrid di puncak klasemen sementara Liga Primera terus berlanjut. Memasuki jornada (pekan) kesepuluh kemarin (8/11), dua raksasa Spanyol itu sama-sama memetik angka maksimal. Alhasil, jarak kedua tim tetap sama, yakni satu poin.

Barca masih berkuasa di puncak dengan koleksi 26 poin berkat kemenangan 4-2 atas Real Mallorca di Stadion Nou Camp. Di laga lain, Real memenangi derby Madrid setelah menundukkan Atletico Madrid 3-2 di Stadion Vicente Calderon.

Meski menang, kedua tim belum mencapai performa terbaik seperti di awal musim. Barca, misalnya, terpaksa mengistirahatkan sejumlah bintang karena faktor kelelahan. Pelatih Josep Guardiola tidak memainkan Lionel Messi sejak menit awal. Sementara Daniel Alves, Andres Iniesta, dan Xavi Hernandes harus diparkir. Akibatnya, permainan Barca di menit-menit pertama pertandingan tidak efektif.

Tapi, Barca beruntung karena memiliki Pedro Rodriguez. Dia menjadi jawaban atas mandulnya lini depan sang juara bertahan. Pemain sayap 22 tahun itu membuka skor Barca pada menit ke-11. Defender Mallorca Nunes menyamakan kedudukan sembilan menit kemudian. Tapi, Pedro kembali membawa timnya leading pada menit ke-40.

Thierry Henry menambah keunggulan tuan rumah semenit menjelang turun minum. Messi yang masuk di menit ke-51, menggantikan Pedro, mencetak gol dari titik penalti tiga menit jelang bubaran. Setelah itu, Alhassane Keita membuat gol hiburan untuk Mallorca di masa injury time.

"Ini pertandingan yang jelek sekali," ucap Guardiola seperti dikutip Reuters. "Hujan atau dingin saja masih bisa ditahan. Tapi, angin kencang ini benar-benar mengerikan. Ini jelas bukan permainan terbaik kami," tambahnya.

Sementara itu, derby Madrid berjalan lebih seru. Atletico yang sedang dalam tren positif tidak mau kalah begitu saja oleh Real. Tuan rumah langsung menekan sejak awal. Tapi, justru di menit-menit pertama itu tuan rumah kebobolan dulu.

Laga baru berjalan lima menit, bintang asal Brazil Kaka memaksa kiper Atletico Sergio Asenjo memungut bola dari gawangnya. Gelandang Marcelo menggandakan keunggulan tim tamu 20 menit kemudian. Pada menit ke-64, Gonzalo Higuain memastikan Real leading 3-0.

Tapi, kecerobohan membuat gawang Iker Casillas akhirnya jebol juga. Real kehilangan Sergio Ramos yang diusir wasit gara-gara menekling Sergio Aguero pada menit ke-66. Unggul jumlah pemain dimanfaatkan betul oleh Atletico. Dalam dua menit, anak buah Quique Sanchez-Flores itu mencetak dua gol. Masing-masing dicetak Diego Forlan pada menit ke-79 dan Aguero (81').

"Masih banyak yang harus kami perbaiki. Kami belum konsisten," ujar Manuel Pellegrini, entrenador (pelatih) Real, sebagaimana dikutip AFP. "Di babak pertama, Atletico sama sekali tidak memberikan ancaman kepada kami. Kami juga masih mengontrol pertandingan sampai Ramos diusir ke luar. Hal-hal semacam itu juga harus dibenahi," tuturnya.

Di sisi lain, Flores kecewa atas hasil kemarin. Sebab, dia amat yakin Atletico bisa memanfaatkan situasi dan kesulitan yang dialami Real. Salah satunya adalah absennya Cristiano Ronaldo di tim tamu.

"Kami harus menerima situasi sulit ini. Kami akan memperjuangkan semua yang kami punya, bahkan dari gigi sampai ke kuku, untuk mengubah kedudukan di klasemen," tegas Flores sebagaimana dikutip Marca.

Sebenarnya, Atletico punya kesempatan untuk membuat lebih banyak gol jika Flores berani menurunkan Aguero dari awal. Tapi, dia tidak mau mengambil risiko jika striker utamanya itu cedera lagi. "Dia main bagus dalam 45 menit terakhir. Tapi, setelah itu dia kesakitan. Dia tidak fit kalau harus main penuh," tegas pengganti Abel Resino tersebut. (na/ca)


Barca Siapkan Rp 1,3 T untuk Pinang Rooney
LINI depan Barcelona sudah dipenuhi striker-striker hebat. Ada Zlatan Ibrahimovic, Lionel Messi, Thierry Henry, dan bintang muda Pedro Rodriguez. Tapi, itu tidak membuat juara bertahan Liga Primera tersebut puas. Mereka berencana mendatangkan tukang gedor Manchester United Wayne Rooney.

Rupanya, pembesar Barcelona terinspirasi sukses Real Madrid menggaet bintang United lainnya, Cristiano Ronaldo, dengan banderol 80 juta pounds. Karena itu, dana yang disiapkan untuk Rooney pun tidak tanggung-tanggung, yakni 85 juta pounds atau sekitar Rp 1,3 triliun!

Menurut tabloid Inggris News of the World, krisis keuangan United belum sembuh meskipun sudah menjual Ronaldo dengan harga supertinggi. Buktinya, awal musim ini klub besutan Sir Alex Ferguson itu tidak terlalu aktif di bursa transfer. Mereka hanya membeli Gabriel Obertan dan Antonio Valencia yang banderol totalnya "hanya" 19 juta pounds (sekitar Rp 298,3 miliar).

Belum sembuhnya neraca keuangan United itulah yang membuat kubu El Barca -sebutan Barcelona- optimistis tawarannya bakal mendapatkan respons positif. Kalau pemain penting sekelas Ronaldo saja dilepas, bukan tidak mungkin Rooney juga bakal dilego asal harganya cocok.

Tapi, ada satu hal yang membedakan kasus Ronaldo dengan Rooney sekarang. Sejak pertengahan 2008, Ronaldo memang sudah tidak kerasan di Inggris. Pemain asal Portugal itu sangat ingin main di Spanyol yang lebih dekat dengan kampung halamannya.

Nah, Rooney tidak akan segampang itu dipaksa meninggalkan Inggris. Cowok yang digadang-gadang bakal bersinar di Piala Dunia 2010 tersebut asli Inggris. Sang istri, Coleen, baru saja melahirkan bayi pertama. Selain itu, Rooney beberapa kali menegaskan ingin menghabiskan karir bersama United. (na/ca)

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar