BERITA Terbaru dari dunia sepak bola - hasil pertandingan Liga-liga Top Dunia, yang tersaji setiap harinya, dan selalu saja menarik untuk di Baca ......Tim Penyaji : Agung-Andy-Mughnii

Jumat, 13 November 2009

Prancis-Timnas Prancis

Lawan Irlandia, Les Blues Bakal Berjuang Mati-Matian
Rep Irlandia v Prancis

DUBLIN - Kiprah Prancis di Piala Dunia (PD) bisa diibaratkan sebagai roller coaster. Gagal lolos ke PD 1994, Prancis membayarnya dengan juara di kandang sendiri pada 1998. Setelah jeblok di fase grup PD 2002, Les Bleus -julukan Prancis- menjadi finalis edisi 2006.

Bagaimana Prancis di PD 2010? Les Bleus harus berjuang lewat jalur playoff untuk menggapai tiket ke Afrika Selatan (Afsel). Sekalipun lawannya adalah Republik Irlandia, Thierry Henry dkk bakal berjuang mati-matian. Terutama pada leg pertama di Stadion Croke Park, Dublin, dini hari nanti.

Irlandia memang bukan negara dengan kategori tangguh di Eropa. Kendati pernah melaju sampai perempat final di PD 1990, The Boys in Green -julukan Irlandia- gagal lolos di enam edisi terakhir Euro alias Piala Eropa.

Tapi, jangan anggap remeh sepak terjang Irlandia setahun terakhir. Sejak ditangani pelatih kawakan Italia Giovanni Trapattoni, Robbie Keane dkk relatif sulit dikalahkan. Di kualifikasi PD 2010, Irlandia tidak tersentuh kekalahan dalam sepuluh laga.

"Irlandia saat ini seperti Inggris B," tutur Raymond Domenech, arsitek Prancis, kepada France Football. "Saya sudah mengamati karakter permainannya, khususnya spirit luar biasa para pemainnya," sambung dia.

Kendati tampil di kandang lawan, Domenech menegaskan bahwa timnya bakal bermain agresif. Dia sama sekali tidak risau dengan risiko taktik itu. Sama halnya dengan risiko pemecatan yang bakal diterima pelatih 57 tahun tersebut apabila gagal meloloskan Les Bleus ke PD 2010.

"Saya selalu mengatakan, setiap laga bisa menjadi yang terakhir bagi saya. Itu tidak bisa saya ingkari," tandas Domenech di situs resmi FFF (Federasi Sepak Bola Prancis).

Di sisi lain, Trapattoni menyongsong duel lawan Prancis dengan santai. Toh, gagal pun tidak akan mengusik posisinya yang dikontrak sampai 2012. "Prancis bukan tim yang harus ditakuti. Para pemain kami harus menyadari hal itu," terang pelatih berjuluk Mr Trap tersebut kepada Daily Telegraph.

Motivasi Irlandia makin berlipat karena mendapatkan dukungan penuh Perdana Menteri Brian Cowen. Menurut Cowen, strategi pertahanan rapat ala catenaccio yang diusung Trapattoni bakal menyulitkan Prancis. "Trapattoni telah membuat Irlandia tidak lagi menjadi tim yang mudah kebobolan," kata Cowen seperti dilansir Reuters.

Dukungan lain datang dari pelatih Manchester United Sir Alex Ferguson. Sebagai orang Britania Raya, tepatnya Skotlandia, pelatih yang akrab disapa Fergie itu yakin Irlandia bakal memenangi leg pertama.

Ada tiga penggawa United yang akan beraksi di laga tersebut. Yakni, John O'Shea dan Darron Gibson (keduanya Irlandia) dan Patrice Evra (Prancis). "Sangat menyenangkan melihat O'Shea dan Evra terlibat duel sengit dengan kostum berbeda. Saya kira Irlandia bisa memaksimalkan leg pertama dan itu cara terbaik untuk membuka kans lolos," tutur Fergie di situs resmi klub. (dns/ca)

---

Perkiraan Pemain

Republik Irlandia (4-4-2): 1-Given (g); 2-St Ledger, 4-O'Shea, 5-Dunne, 3-Kilbane; 7-McGeady, 6-Whelan, 8-Andrews, 11-Duff; 10-Keane©, 9-Doyle

Cadangan: 16-J.Murphy, 12-McShane, 13-Nolan, 14-Rowlands, 15-Gibson, 17-Lawrence, 18-Best

Pelatih: Giovanni Trapattoni

Prancis (4-2-3-1): 1-Lloris (g); 2-Sagna, 5-Gallas, 3-Abidal, 13-Evra; 6-Lass Diarra, 18-A.Diarra; 9-Anelka, 8-Gourcuff, 12-Henry©; 11-Gignac

Cadangan : 16-Mandanda, 4-Escude, 7-Govou, 10-Benzema, 14-Toulalan, 15-Malouda, 17-Squillaci

Pelatih: Raymond Domenech

---

Stadion: Croce Park, Dublin

Wasit: Felix Brych (Jerman)

---

Di Atas Kertas

DARI tujuh kali pertemuan Republik Irlandia versus Prancis di Dublin, tuan rumah meraih hasil lebih baik. Irlandia menang tiga kali, seri dua kali, dan Prancis unggul dua kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar