BERITA Terbaru dari dunia sepak bola - hasil pertandingan Liga-liga Top Dunia, yang tersaji setiap harinya, dan selalu saja menarik untuk di Baca ......Tim Penyaji : Agung-Andy-Mughnii

Kamis, 07 Januari 2010

BARCA GAGAL

[ Kamis, 07 Januari 2010 ]

Barcelona Gagal Raih Kemenangan, Menyerah Di Tangan Sevilla 1-2 


BARCELONA - Tren buruk Barcelona pada awal tahun ini berlanjut. Sekali lagi, di kandang sendiri, Carles Puyol dkk gagal menuai kemenangan. Setelah ditahan imbang Villarreal 1-1 di ajang Liga Primera (3/1), Barca malah menyerah 1-2 di tangan Sevilla pada leg pertama babak 16 besar Copa del Rey kemarin dini hari (6/1). Juara musim lalu itu pun terancam gagal mempertahankan gelar. 


Kekalahan tersebut menimbulkan tanda tanya. Sebab, Barca bisa dibilang tampil full team. Andres Iniesta yang kondisinya sempat diragukan juga bisa tampil. Demikian pula Zlatan Ibrahimovic yang diturunkan di babak kedua. Praktis, hanya Seydou Keita dan Yaya Toure yang absen lantaran membela negaranya di ajang Piala Afrika.


Sebaliknya, skuad Sevilla bolong di sana-sini. Tercatat, 11 pemain reguler Sevilla tidak bisa main. Termasuk Frederic Kanoute, Luis Fabiano, Adriano, dan Sebastien Squilacci.


Kenyataannya, justru sang tamu yang berhasil keluar dari tekanan dan mencetak gol lebih dahulu. Yakni, lewat Diego Capel pada menit ke-60. Ibrahimovic sempat menyamakan kedudukan lewat sebuah counter attack pada menit ke-75.


Namun, Alvaro Negredo memastikan kemenangan tim tamu hanya selang semenit setelah gol Ibra lewat titik penalti. Sevilla mendapat hadiah penalti setelah Capel dijatuhkan di kotak terlarang.


"Hasil pertandingan ini menunjukkan bahwa Sevilla bukan hanya 11 orang. Kami punya 24 pemain yang akan memperjuangkan semuanya untuk menang," ungkap Negredo, sebagaimana dikutip Associated Press.


Barca sebenarnya tampak lebih fresh jika dibandingkan dengan ketika ditahan imbang Villarreal 1-1 di ajang Liga Primera (3/1). Hingga setengah jam pertama pertandingan, mereka terus menekan. Dua peluang emas tercipta lewat Lionel Messi. Juga satu kesempatan yang diperoleh Daniel Alves. Namun, semua gagal berbuah gol.


Entrenador Barca Josep Guardiola mengatakan salah memilih skuad untuk laga kali ini. Ibrahimovic, misalnya, mestinya diturunkan lebih awal. Demikian juga Xavi Hernandez dan Gerard Pique.


"Ini memang kesalahan saya," aku Guardiola dalam konferensi pers resmi yang dikutip Goal. Rotasi yang dilakukan Guardiola bukan bertujuan menjaga stamina pemain. Melainkan hanya agar situasi klub tetap kondusif. Guardiola berani melakukannya karena Sevilla juga tidak dalam kondisi terbaik.


"Saya merotasi pemain karena memang itu tugas saya. Paling tidak sampai presiden klub (Joan Laporta, Red) memecat saya. Saya membuat perubahan untuk menjaga ruang ganti agar tetap sehat," tutur Guardiola. "Seluruh pemain pastinya ingin tampil. Saya harus memenuhi itu karena kami membutuhkan mereka," tuturnya.


Nah, kesalahan itu kini menjadi masalah besar karena Barca akhirnya kalah. Padahal, musim lalu dia melakukan kesalahan yang sama dan tidak ada yang mengkritik. "Karena waktu itu kami menang. Padahal, kasusnya sama," tegas Pep.


Berkat kemenangan tersebut, peluang Sevilla untuk melaju ke perempat final lebih besar. Selain unggul satu gol, pekan depan giliran mereka yang bertindak sebagai tuan rumah. Namun, itu sama sekali tidak membuat kubu Sevilla tenang.


"Kami baru berhasil melewati setengah jalan. Masih setengah jalan lagi untuk ke perempat final," tutur Manolo Jimenez, entrenador Sevilla, seperti dikutip Goal. "Kami bermain melawan tim terkuat di dunia. Meski kondisinya lebih menguntungkan kami, tetap tidak berarti apa-apa. Melawan Barcelona, kami tidak boleh rileks dulu," lanjutnya.


Jimenez bisa mengerti kenapa Guardiola melakukan kesalahan rotasi. Namun, yang terjadi sebenarnya adalah Barcelona tidak mampu menjaga konsistensi di tiga kompetisi sekaligus. Nah, dia memanfaatkan kelemahan tersebut.


"Mereka memang harus mengoptimalkan semua pemain. Rotasi memang penting, tapi tidak bisa seperti itu," kritik Jimenez. (na/ca)-JP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar