BERITA Terbaru dari dunia sepak bola - hasil pertandingan Liga-liga Top Dunia, yang tersaji setiap harinya, dan selalu saja menarik untuk di Baca ......Tim Penyaji : Agung-Andy-Mughnii

Sabtu, 07 November 2009

Atletico Madrid v Real Madrid & 16 Besar Champion

[ Sabtu, 07 November 2009 ] 

Atletico Madrio Bertekad Ubah Catatan Buruk

Atletico Madrid v Real Madrid

 

MADRID - Sebagai rival sekota Real Madrid, Atletico Madrid harus rela menyandang predikat tim kelas dua. Jika dibandingkan dengan Real yang sembilan kali juara Eropa, prestasi Atletico memang tidak sebanding. Apalagi musim ini. Ketika Real bergantian dengan Barcelona memuncaki klasemen, Atletico masih harus berjuang keluar dari zona degradasi.

 

Dilihat dari rekor pertemuan, Real juga sangat perkasa. Dalam sepuluh tahun terakhir, Los Galacticos -julukan Real- belum pernah dikalahkan Atletico. Namun, penggawa Atletico bertekad mengubah catatan buruk tersebut pada laga di Stadion Vicente Calderon dini hari nanti.

 

"Melihat tren permainan kami saat ini, tidak mustahil memetik tiga poin," ucap winger Atletico Simao Sabrosa sebagaimana dikutip Associated Press. "Kami tahu, yang kami bicarakan ini Real Madrid, lawan yang sangat kuat dan penuh pemain mahal. Tapi lihat saja, Atletico bisa mengalahkan mereka di stadion kami," yakinnya.

 

Optimisme tuan rumah punya berdasar. Simao dkk mengantongi sejumlah bekal bagus yang mendongkrak konfidensi. Pertama, soal pelatih. Sejak Quique Sanchez-Flores datang dua pekan lalu, tren Atletico membaik.

 

Bekal kedua berhubungan dengan laga terakhir Atletico di Liga Champions. Atletico mampu menahan imbang raksasa Premier League Chelsea dengan skor 2-2. Bagi Sergio Aguerro dkk, hasil itu merupakan prestasi luar biasa. Sebaliknya, mental Real sedang down setelah misi balas dendam kepada AC Milan gagal terwujud (bermain seri 1-1).

 

"Kami bakal sangat terbantu dengan absennya (Cristiano) Ronaldo. Real terlalu bergantung kepada dia. Selagi dia tidak ada, kami harus memanfaatkannya," ujar Simao.

 

Tanpa Ronaldo, Real memang menuai beberapa kekalahan. Antara lain, oleh Sevilla dan Milan di matchday ketiga Liga Champions. Plus, yang paling memalukan, dibantai Alcorcon 0-4 di ajang Copa del Rey.

 

Tapi, belakangan Real sudah terbiasa bermain tanpa bintang asal Portugal itu. Dengan sepuluh orang selama hampir sejam, Real mengalahkan Getafe di kandang sendiri (31/10). Penampilan tim besutan pelatih Manuel Pellegrini itu juga membaik saat away ke kandang Milan.

 

"Yang kami tunjukkan dalam dua laga terakhir adalah usaha menghapus memori buruk pekan-pekan sebelumnya," terang striker Gonzalo Higuain sebagaimana dikutip AS. "Kami perlu menjaga langkah untuk tetap di jalur ini. Masih banyak yang mesti dilakukan, tapi tim ini punya kapasitas untuk bangkit," tambah penyerang dari Argentina itu.

 

Dalam beberapa pekan terakhir, Atletico selalu mendapatkan cibiran dan ejekan dari pendukungnya di Vicente Calderon. Di pekan ketiga, suporter Atletico bahkan berdemo menuntut mundur sang presiden klub. Hal itu mungkin terjadi lagi jika Atletico kembali kalah oleh Real.

 

Menyadari ancaman itu, striker Atletico Diego Forlan meminta para suporter sabar. "Kami menyadari kondisi ini. Yang ingin kami lakukan adalah berjuang terus sampai kembali ke performa terbaik kami. Ada standar yang diinginkan Quique, dan kami ingin memenuhinya secepatnya," ungkap Forlan kepada Marca.

 

"Kami memang mengecewakan fans dalam beberapa pekan pertama liga. Tapi, kami minta mereka sabar. Kami ingin menang atas Real dan memberikan hiburan kepada fans," tutur penyerang asal Uruguay itu. (na/ca)

 

 

 

 

[ Kamis, 05 November 2009 ]

MU, Chelsea, FC Porto, dan Bordeaux Lolos 16 Besar Liga Champions

MANCHESTER - Satu persatu tiket babak 16 besar Liga Champions mendapatkan pemiliknya. Kemarin (4/11), empat tim memastikan langkah ke babak gugur itu. Mereka adalah Manchester United, Chelsea, FC Porto, dan Bordeaux.

 

Hasil imbang 3-3 dengan CSKA Moskow sudah cukup mengantarkan United ke babak selanjutnya. Klub juara Inggris itu mengemas 10 poin dan memuncaki klasemen sementara grup B. United dibuntuti VfL Wolfsburg (7 poin), CSKA (4 poin), dan Besiktas (1 poin).

 

Secara matematis, CSKA bisa menyamai poin United seandainya tim asuhan Sir Alex Ferguson itu kalah terus di dua laga sisa dan CSKA menang terus. Tapi, penentuan lolos ke 16 besar mendahulukan head to head dibandingkan agregat gol. United unggul karena mengalahkan CSKA 1-0 pada laga pertama di Moskow (21/10).

 

Sejak Liga Champions menggunakan format 16 besar pada musim 2003-2004, United, Chelsea, dan Porto merupakan klub langganan lolos. Sedangkan Bordeaux yang baru tiga kali tampil di Liga Champions, baru kali ini meraih tiket babak 16 besar.

 

"Kami lolos merupakan kabar bagus. Tidak bagusnya, kami harus bekerja keras hanya untuk terhindar kekalahan. Kami terlalu bermain terbuka," kata Ferguson sebagaimana dilansir Sportinglife.

 

United memang nyaris menelan aib pertama setelah tak terkalahkan dalam 23 laga home di Eropa. Di awal babak kedua, tuan rumah tertinggal 1-3. Gol Michael Owen pada menit ke-29 dibalas CSKA dengan gol-gol yang dicetak Alan Dzagoev (25'), Milos Krasic (31'), dan Vasily Berezutskiy (47').

 

United baru menunjukkan mental tangguhnya di enam menit terakhir. Diawali gol sundulan Paul Scholes pada menit ke-84 yang menipiskan kedudukan 2-3. Pada menit kedua injury time (ke-92), tendangan Antonio Valencia dari jarak 23 meter yang berbelok arah karena mengenai Georgi Schennikov, memastikan skor akhir 3-3.

 

Sebelum laga berakhir, wasit Olegario Benquerenca (Portugal) menjatuhkan kartu merah kepada Deividas Semberas karena akumulasi kartu kuning. Tapi, bukan kartu merah itu yang membuat Ferguson berkomentar terhadap kepemimpinan wasit.

 

"Saya kecewa atas kartu kuning Darren Fletcher yang dianggap diving. Itu merupakan salah satu keputusan terburuk wasit sepanjang karir saya. Berbeda dengan liga domestik, kartu kuning di Eropa (Liga Champions) sangat krusial karena menentukan pemain bisa tampil atau tidak di laga berikutnya," papar Ferguson kepada MUTV Online. (dns/ca)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar