BERITA Terbaru dari dunia sepak bola - hasil pertandingan Liga-liga Top Dunia, yang tersaji setiap harinya, dan selalu saja menarik untuk di Baca ......Tim Penyaji : Agung-Andy-Mughnii

Kamis, 12 November 2009

Portugal-Timnas Portugal

Cristiano Ronaldo Resmi Dicoret dari Skuad Portugal
LISBON - Perseteruan antara Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) dan klub Liga Primera Spanyol Real Madrid menemui ujung. Cristiano Ronaldo akhirnya resmi dicoret dari skuad Portugal yang disiapkan dalam playoff kualifikasi Piala Dunia 2010 melawan Bosnia-Herzegovina pada 14 dan 18 November nanti.

Keputusan itu diumumkan FPF Selasa malam waktu setempat atau kemarin dini hari (11/11). Tim medis timnas Portugal memeriksa kondisi terakhir Ronaldo. Mereka menyimpulkan bahwa cedera yang dialami sang pemain sangat berisiko.

"Setelah melalui evaluasi medis secara menyeluruh, kami menyimpulkan bahwa pemain yang bersangkutan (Ronaldo, Red) tidak memenuhi ketentuan fisik untuk bergabung dengan tim nasional," demikian pernyataan resmi FPF. Selanjutnya, Ronaldo dikembalikan kepada klub untuk melanjutkan menjalani perawatan.

Realita itu menjadi pukulan telak bagi pelatih Portugal Carlos Quieroz. Dia harus memimpin tim berjuluk Seleccao das Qunias itu dalam dua pertandingan hidup mati melawan Bosnia tanpa sang kapten.

"Memang begitu prosedurnya. Pertama, saya harus memanggil seluruh pemain, lalu dievaluasi kondisinya. Kemudian, diputuskan apakah pemain bisa turun dalam playoff atau tidak. Setelah itu, hidup kembali berlanjut," kata Quieroz.

Di sisi lain, kubu Real bisa bernapas lega. Mereka sesungguhnya sudah melarang Ronaldo membela Portugal selama masih dalam masa pemulihan cedera engkel. Direktur Olahraga Real Madrid Jorge Valdano bahkan sudah mewanti-wanti Ronaldo, kalau nekat bermain untuk Portugal, karirnya akan terancam.

Bagaimana respons Ronaldo? Pemain berjuluk CR9 itu sangat kecewa. ''Pertandingan melawan Bosnia adalah game yang sangat krusial, sangat penting, dan menentukan nasib bangsa ini. Saya sangat frustrasi karena tidak bisa membantu teman-teman saya di momen mendebarkan seperti ini," paparnya kepada harian Spanyol AS.

"Mungkin saat ini tidak ada orang lain yang lebih sedih daripada saya. Mewakili Portugal dalam pertandingan internasional selalu menjadi momen paling istimewa, paling membanggakan saya sebagai pesepak bola dan sebagai warga negara," kata Ronaldo.

Meskipun tidak ikut main, Ronaldo berjanji hadir pada laga pertama di Estadio da Luz, Lisbon. "Saya akan berada di stadion. Saya yakin, dengan semangat yang sudah kami tunjukkan selama ini, kami masih kuat. Dengan kesatuan, kebersamaan, serta soliditas dengan fans, Portugal akan menunjukkan kekuatan aslinya," ujar Pemain Terbaik Dunia 2008 itu.

Selama ini Portugal belum pernah memainkan pertandingan penting tanpa Ronaldo. Saat ditinggal pada menit ke-27 pun, Seleccao masih menang 3-0 atas Hungaria saat kualifikasi Piala Dunia 2010. Karena itu, Ronaldo optimistis Portugal bakal melenggang ke putaran final di Afrika Selatan (Afsel) meski dirinya tak bermain.

"Di akhir pertandingan, saya akan bergabung dengan pemain lain di ruang ganti, merayakan kemenangan yang membawa kami selangkah lebih dekat ke Afsel. Kami akan lolos," tegasnya. (na/ca)


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar